Home » , , » Beberapa Kamus / Istilah di Internet

Beberapa Kamus / Istilah di Internet

Written By Em Yahya on Minggu, Juni 02, 2013 | 21.41

SEO
Atau Search Engine Optimization, merupakan suatu kegiatan untuk mengoptimalkan website di mesin pencari (search engine) dengan cara meningkatkan desain sebuah situs dan content untuk memperoleh peringkat yang lebih tinggi pada search engine.

Shopping cart
Katalog online interaktif yang dapat ditampilkan, ditambah atau dihilangkan ke dan dari ‘keranjang’ (cart) tersebut.

Site map
Sebuah model visual dari sebuah content website yang memungkinkan pengguna menemukan informasi yang dicarinya dalam suatu website. Biasanya, peta situs disusun secara hierarkis, mengelompokan informasi website tersebut pada area subyek yang spesifik secara bertingkat.

Target marketing
Proses membedakan kelompok-kelompok yang berbeda yang akan menciptakan pasar, dan pengembangan produk-produk yang tepat dan gabungan pemasaran untuk setiap target pasar yang terlibat.

Upload
memindahkan sebuah file dari komputer Kita ke komputer lain (internet).

Website
Istilah website itu terbalik-balik dengan istilah lainnya yang maksudnya sama: website, blog, www. dsb. Contoh website kompas.com, microsoft.com dan sebagainya. Nah, website itu terdiri dari 3 komponen utama yaitu: Domain (namanya), Hosting (tempat menyimpan file-file yang membentuk website) dan File itu sendiri Script (program, gambar, text, suara, video, dsb). Ketika Anda membeli website (tepatnya menyewa) biasanya anda membayar sekaligus untuk domain dan hosting, sedangkan script sering anda beli terpisah.

Domain
Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.
Sistem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini.

Server Web
Server web adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Server web yang terkenal diantaranya adalah Apache dan Microsoft Internet Information Service (IIS). Apache merupakan server web antar-platform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di sistem operasi Windows.
Server web juga dapat berarti komputer yang berfungsi seperti definisi di atas.

Hosting
Layanan hosting internet adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya peladen-peladen untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS
Peladen hosting terdiri dari sebuah peladen atau gabungan peladen-peladen yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi. Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu shared hosting, dedicated server, VPS atau "Peladen maya terdedikasi", dan colocation server.

Shared Hosting
adalah sebuah layanan hosting yang dipergunakan oleh beberapa pengguna yang lain dan satu hosting ini dipergunakan oleh berbagai macam nama domain yang berbeda.

Dedicated server Dedicated Server 
adalah server yang dipergunakan untuk menjalankan aplikasi dengan beban tinggi dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau VPS. Server server tersebut bisa disediakan sendiri oleh penyewa atau dipinjamkan dari pemilik lokasi pusat data kepada penyewa.

VPS (Virtual Private Server atau server virtual.)
Server ini dibuat dengan melakukan proses virtualisasi sistem operasi yang dipergunakan. Oleh sebab itu maka didalam VPS terdapat beberapa sistem operasi yang berjalan secara bersamaan dengan fungsi masing masing.

Colocation 
adalah sebuah tempat yang dipergunakan untuk meletakkan server secara bersama sama di suatu gedung atau ruangan (pusat data). Server server tersebut dipergunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti hosting, penyimpanan data suatu perusahaan, vpn server dan berbagai macam kebutuhan IT perusahaan yang lainnya.

Colocation Server
Colocation Server adalah server yang dititipkan disuatu tempat dimana penyewa tempat tersebut membutuhkan keamanan, kestabilan arus listrik, dan juga kestabilan akses internet. Server tersebut bisa dipergunakan untuk apa saja sesuai dengan kebutuhan dari penyewa tempat tersebut.DNS (Domain Name Server)

DNS 
(Domain Name System, bahasa Indonesia: Sistem Penamaan Domain)
adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.

DNS menyediakan servis yang cukup penting untuk Internet, bilamana perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat e-mail. DNS menghubungkan kebutuhan ini.

URL (Uniform Resource Locator)
URL singkatan dari Uniform Resource Locator (diterjemahkan: Pelokasi Sumber Daya Seragam), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber - seperti dokumen dan gambar - di Internet.
URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee[rujukan?] pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat merujuk pranala ke Jejaring Jagat Jembar atau World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas.

Adsense 
Iklan dari Google yang bila dipasang di blog dan ada orang lain meng-klik iklan itu maka pemilik blog mendapatkan komisi.

Adwords 
Layanan promosi dari Google untuk pemasang iklan. Kebalikan dari Adsense, Adwords memberikan kesempatan bagi pemilik situs/blogger untuk promosi iklan dengan kata kunci dan harga per-klik tertentu. Biasa terdapat di sebelah kanan atau paling atas index hasil pencarian Google dengan dibatasi garis.

Advertiser 
Perusahaan atau individu pemilik situs/blogger yang memasarkan barang dan jasanya melalui iklan internet.

Affiliate 
Program perekrutan member agar mendapatkan komisi. Bisa juga dibayarkan bila pengunjungnya membeli produk dan mencapai target penjualan tertentu.

Alexa 
Situs informasi pemantau traffic website / blog. Semakin rendah ranking-nya maka semakin baik webnya.

Archive 
Arsip postingan blog.

Atom 
Format/jenis dari web feed.

Avatar 
Foto profil blogger.

Blog 
Singkatan dari "weblog". Situs yang bisa di-update secara berkala dan biasanya memanfaatkan interaksi dengan pengunjung melalui kotak komentar.

Blogging 
Suatu kegiatan yang dilakukan dalam blog.

Blogger 
Pemilik blog.

Blogosphere 
Dunia blog.

Blogroll 
Kumpulan link-link dari blog lain.

Blogspot 
Layanan penyedia blog dari Google dengan gratis.

Blogwalking 
Berkunjung ke blog lain.

Bookmark 
Menyimpan alamat link web/blog pada browser.

Captcha 
Completely Automated Public Turing Test To Tell Computers and Humans Apart. Program pelindung website / blog dari robot aplikasi penyebar spam. Biasanya merupakan karakter aneh yang hanya bisa dibaca oleh manusia.

Categories 
Kategori-kategori spesifik posting.

Celeblog 
Blogger terkenal dan berpengaruh di blogosphere.

Comments 
Komentar-komentar dari pengunjung blog.

CSS : 
Cascading Style Sheets. Bahasa pemrograman tampilan web.

Dashboard 
Halaman utama untuk mengatur blog berisi kontrol, settingan, comments, posting, dll.

Domain 
Nama situsnya. Contohnya "Yahoo.com" atau "zebhi-adventure.blogspot.com".

Emoticon 
Gambar yang mewakili emosi penulis.

Favicon 
Favorite Icon. Ikon yang berfungsi sebagai logo website/blog. Berada di samping kiri alamat web / title.

Feed / Web feed 
Format data sederhana dari web untuk mendapatkan konten yang update.

Footer 
Informasi web/blog yang terdapat pada bagian paling bawah.

Glossary 
Daftar istilah.

Googlebot 
Robot spider milik Google yg menjelajah dan menjaring web/blog.

Hiatus 
Berhenti sementara dari kegiatan blog.

HTML 
Hyper Text Markup Language. Bahasa pemrograman untuk membuat halaman web.

Linkbait 
Konten yang dibuat menarik untuk mendapatkan tautan link dari situs lainnya.

Link Exchange 
Saling bertukar link.

Moblog 
Aktivitas blogging dengan mobile phone / handphone.

Movable Type 
Layanan penyedia blog gratis dari Sixapart.

Niche 
Topik pembahasan tertentu dalam web/blog.

Open ID 
Sistem identifikasi terpusat. Bertujuan agar dapat login di banyak situs dengan 1 identitas(username) yang sama.

Pagerank/Google PageRank 
Tingkatan/ranking yang diberikan oleh Google untuk web. Semakin tinggi nilainya maka semakin baik situs tersebut.

Page views 
Jumlah hit halaman web/blog termasuk refresh/reload.

Permalink 
Permanent Link. Link menuju postingan blog.

Ping 
Packet Internet Groper. Suatu tindakan untuk memberikan informasi update terbaru dari web.

Plugin 
Kode program khusus yang menambah kemampuan situs. Biasa terdapat di wordpress.

Posting 
Menulis artikel di blog.

Problogger 
Blogger Profesional yang biasanya mendapatkan uang dari blognya.

RSS Feed 
Really Simple Syndication. Format sederhana untuk memberikan informasi atau konten yang telah di-update.

Search Engine 
Layanan pencari dan peng-index situs internet.

SERP 
Search Engine Results Page. Peringkat halaman sebuah situs di search engine.

Spam Comments 
Tindakan memberikan komentar berulang-ulang (menyampah).

Subscriber 
Pelanggan artikel blog melalui RSS atau e-mail. Bila ada update terbaru maka akan dikirimkan kepada subscriber ini.

Template 
Desain tampilan sebuah Blog (blogspot).

Themes 
Desain tampilan blog (wordpress).

Trackback 
Notifikasi bila membuat/menautkan link ke blog.

Technorati
Layanan pencari blog dengan informasi tracking, posting dan tautan link .


Share this article :

0 comments :

Posting Komentar

Kami sangat menghargai komentar pembaca sekalian, baik saran, kritik, bantahan dan lain sebagainya.
Bagi pembaca yang ingin berkomentar silahkan untuk login.

Peraturan komentar:
-komentar pendek atau panjang tidak masalah, baik lebih dari satu kolom juga tidak apa-apa.
-komentar menggunakan bahasa yang baik dan benar tidak berbelit-belit.
-langsung pada topik permasalahan. Terimakasih

Blog Archive

 
Support : Dzul Kifayatain_Tis'ah | kanahayakoe | Coretane Emye
Copyright © 2013. emye Blogger - Kertahayu Boy - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger